Sunday, October 2, 2011

I WILL SURVIVE!!!!!!!!!!!!!!

Gw ingin membagikan sebuah kisah. Terima kasih untuk kalian yang mau menyediakan waktunya untuk membaca cerita ini.. ☺

Semenjak TK, gw hidup di lingkungan yang 'homogen', untuk lebih spesifik, gw menyebut sekolah gw sebagai sekolah swasta dengan afiliasi agama tertentu. 'Homogen' yang gw maksud disini bukan hanya dalam hal agama, melainkan dalam hal suku, materi, dan lain-lain. Tentu saja ada beberapa golongan yang berbeda dan justru membuat sekolah gw ini semakin berwarna. Sebagai org yg berpendidikan dan berintegrasi tinggi, memilih-milih teman adalah kebiasaan gw. 'Memilih' yang gw maksud disini adalah bukan memilih yang agamanya sama seperti gw, bukan jg yg memiliki kekayaan materi sama seperti gw, tetapi memilih mana teman yang BENAR, mana yang BAIK, mana yang membawa PENGARUH POSITIF untuk gw dan hidup gw kedepannya. Dalam hal ini, bukan berarti gw ga mau berteman dengan org yg diluar kriteria gw itu. Tentu saja gw bersedia berteman dengan siapa saja, tetapi untuk menjadikan teman gw itu lebih dari sekedar teman yang cuma say hi ketika bertemu, gw membuat standard untuk kriteria pertemanan gw, dan gw rasa hal ini cukup membantu gw.

Berada dilingkungan gw yg homogen dan 'terseleksi' itu membuat gw merasa nyaman, dihargai, dianggap, dan cukup didengar untuk beberapa tahun.

Ada yang bilang kalo hidup itu seperti roller coaster, ups and downs, roda yang berputar, dan peribahasa2 atau analogi2 lain. Gw sedang mengalami 180 derajat kebalikan dari hidup gw yang tadi gw ceritakan diatas. Ditempat kuliah gw, gw serasa asing, bahkan sangat asing. Ditempat yang penuh dengan ratusan orang pun gw bisa merasa bahwa hanya ada gw disana, dan ga ada orang lain. Ditempat yang rame pun, gw merasa sunyi dan tidak terdengar suara apapun. Memang terdengar lebay, tapi ini benar2 apa yg gw rasakan.

Gw benci rasisme. Gw ga suka didiskriminasi. Banyak temen2 gw yang nanya dan ngomong ke gw, "Rene, lo cina ya?", "Eh, bokap nyokap lo orang cina?", "Lo ga punya kelopak mata ya?", "Lo mah ga bakalan item", "Rene, lo pelit ga?", "Rene, lo kayak cina2 yang suka pake kutek ga?", "Rene, lo lucu ya, jepang banget", dan pertanyaan2 lain. Jujur, gw sangat ga biasa dengan ini semua. Gw merasa aneh. Gw bingung dan banyak banget pertanyaan diotak gw. Ada apa sih dengan lingkungan baru gw? Ada apa dengan gw? Kalo emang gw cina, terus kenapa? Apa gw salah kalo gw cina? Gw sedih....dan gw ga bisa jawab pertanyaan2 gw sendiri. Kenapa harus ada rasisme? Apa gw benar-benar dibedakan? Gw merasa gw SAMA seperti mereka, butuh teman, belajar dan lingkungan yang mendukung. Please somebody, somebody please understand me....... Please think if you're at my posision, what will you do? and what do you feel?.. gw tau ini hak mereka mau ngatain gw, tapi sebagai org yang profesional, gw gak mau bikin masalah n cari ribut. gw cuma mau membela apa jg menjadi hak gw juga.

Gw ingin membuka diri, gw ingin berteman dengan siapa saja. Gw suka bergaul dan punya teman baru. Tp apakah suasana lingkungan baru ini menyeleksi gw dan 'memilih' teman, sama seperti yg gw lakukan ketika gw SMA? Apakah gw kena karma karena gw tidak dipilih? Gw bingung sendiri. Gw gamau masalah adaptasi ini bikin gw jadi kepikiran, beban, dan masalah baru yg menyebabkan mental gw down. Apa lg disini tujuan gw cuma 1 yaitu MENUNTUT ILMU. Gw rasa gw berhak menuntut ilmu dimana aja, selagi gw mampu dan punya tekad yg kuat. Gw gamau kalo lingkungan yg kurang mendukung ini jadi alasan untuk gw mundur dan nyerah.

Gw mau cerita beberapa pengalaman gw selama kurang lebih 2 mingguan kuliah. Gw punya temen, sebut saja mawar. si mawar ini akan wawancara kakak kelas, ketika itu gw janji gw akan nungguin dia sampai dia selesai wawancara. Gw nunggu sampe 1 jam an lebih. Ketika itu gw telpon, dia ga angkat. Gw sms, dia ga bls. Suatu ketika dia angkat telpon gw dan dia bilang baru selesai. Lalu gw sms kalo gw lagi nunggu dia di taman. Gw bingung kok dia bales sms gw lama. Untuk menjawab rasa menasaran gw dan rasa kejenuhan gw menunggu, akhirnya gw telpon dia lagi. Dia bilang dia di stasiun nemenin temennya bikin tugas. Gw shock. Kok dia ga ngabarin gw. Gw daritadi gw berpindah tempat cuma untuk tunggu dia. Gw sedih. Gw kecewa. Tp setelah itu dia minta maaf ke gw. Dan........Selesai. Semudah itu kan gw harus memaafkan :) gw gak mau punya beban lg. Gw mau coba untuk survive, apapun yg terjadi. Walaupun org lain memperlakukan gw dengan setengah hati, tp gw ga boleh memperlakukan mereka dgn setengah hati juga. Gw harus baik pada mereka, apapun balasannya. Dan akhirnya gw komitmen untuk selalu mencari teman baru.........

Gw yakin nanti akan tiba saatnya gw menemukan teman yang benar2 teman disini. Cuma mungkin waktu belum mengizinkan dan semesta belom mempertemukan gw dengan dia. Nantinya gw akan terus berusaha untuk melewati titik berat ini. Gw harus bisa jadikan batu sandungan ini sebagai batu loncatan. Gw harus bisa. Gw harus bisa. Gw harus bisa ngelakuin, ga cuma ngomong doang. Jujur, ngomongnya aja udah sulit, gimana melakukannya.........

Ketika ada pelajaran, gw selalu duduk paling depan. Semenjak SMA, gw anti duduk dibelakang karena gw merasa rugi ketika gw duduk dibelakang. Entah kenapa gw bisa punya pikiran seperti itu. Kita bayar uang sekolah sama, fasilitas sama, kenapa ga ambil yg terbaik aja? Didepan itu jelas, guru nerangin terdengar jelas n dipapan tulispun jg jelas. Begitu juga ketika gw kuliah, gw ingin konsentrasi penuh pada kuliah gw kali ini. Gw ga ingin mengecewakan semua org dan teman2 yg udah ngedukung gw. Walaupun ini hal kecil banget,,,,,,, tapi ini bermakna juga. Gw bingung kenapa setiap x gw duduk didepan, ga ada temen yg mau duduk disebelah gw n gw sendirian. Dibaris kedua langsung rame. Ada apa dengan gw? Tapi giliran barisan disebelah sana, paling depan penuh semua. Kenapa sih? Gw kenapa sih? Gw harus apa? Gw pantes gak sih mengeluh? Gw.....capek tapi gw harus bertahan.

Ada pepatah, "daripada mengeluh gelap, mendingan menyalakan lilin". Oke!!!!! Gw akan menjadi lilin, gw mau jadi terang untuk temen2 gw. Ga seharusnya gw mengeluh. Gw udah dapatkan apa yg gw mau. Tuhan uda kasi hadiah terindah untuk gw. Tuhan uda memberikan yg terbaik untuk gw, dan uda seharusnya gw memberikan yg terbaik untuk Dia, mempersembahkan ini semua. Gw belajar untuk Tuhan, gw ingin berkarya dan membuatNya bangga atas diri gw. Cobaan ini kecil, dan gw jg ga sendiri. Ketika temen2 gw ga butuh gw n memandang gw dengan sebelah mata, gw akan buat mereka memandang gw nantinya. Gw akan buktikan!!!!!!!!!!!! Kalo gw pinter, maka mereka pasti akan mendekatkan diri ke gw. Org pinter selalu dicari dan diandalkan. ☺

Over all, hanya blog yang jadi temen curhat gw. Meskipun gw juga berharap gw bisa menemukan sosok teman yg cocok, tapi untuk saat ini, cuma blog yg bisa mengerti gw. Semenjak dahulu...., blog udah nemenin gw, dan akan selalu menjadi temen gw yang paling setia. Terima kasih, Irene's Recycle Bin.. ☺

#youhavetoknowsomethingsecret ketika gw sendiri dan merasa sendirian ditempat ramai/pun di kelas, gw selalu bilang dalam hati, "aku ga pernah sendirian, sebab Tuhan selalu ada dihatiku, Ia menemaniku, berada disebelahku, dan menjagaku, sekarang Ia pun menggandeng tanganku. aku selalu bersamaNya dimanapun aku berada". Dan setelah gw berbicara ini, hati gw pun tenang........thanks God. I'm glorified ☺

No comments: