Tuesday, August 14, 2012

Faktor Orang Memilih Pekerjaan atau Tempat Kerja

Saat ini banyak teman-teman saya yang sudah mulai ngincer beberapa nama perusahaan yang ngetop. Sekarang2 ini (±semester 3), mereka sudha punya target tujuan perusahaan yang mereka ingin capai ketika gelar sarjana sudah digenggam. Saya pribadi belum memikirkan perusahaan atau pun instansi apa yang akan saya lamar nantinya. Menurut saya, ada beberapa faktor orang memilih tempat untuk bekerja dan karirnya dimasa depan:
a) Orientasi finansial
"Saya mau kerja di PT U******r karena gajinya gede bangetttt, menjanjikan juga.", "Kalo saya pengennya di S******r aja, karena awal masuk kerja sudah tinggi patokan gajinya.". Berikut adalah contoh beberapa pernyataan orang yang bekerja berdasarkan pemikiran yangmengutamakan orientasi finansial. Contoh lain: seorang pemudi yang berasal dari desa dan memiliki status sosial ekonomi yang rendah, ia bersikeras untuk menjadi TKI karena ia pikir hal itu dapat menjamin hidupnya di masa depan yang lebih baik.
b) Orientasi prestige
"Keren loh di C*****a, itu kan ud terkenal dimana-mana, atau di bank M*****i, disitu aja kerjanya ditempat2 keren, kan kece tuh". Ada juga tipe orang yang mementingkan ini daripada yang lain. Nama-nama perusahaan yang ngetrend n gak asing, jd incaran pertama. Yang bergengsi, yang lebih terpandang dan jago.
c) Orientasi generasi
Gak tau jg ya kenapa saya tulis 'generasi', tapi maksud saya disini adalah seperti bisnis turunan dari orang tua. Nah misalkan, karena ortu adalah seorang dokter gigi, maka saya ingin jadi dokter gigi juga biar mewarisi atau dibilang keren. Kurang lebih seperti itu.
d) Orientasi passion
Passion disini yang dimaksud adalah betul-betul 100% minat dan gairah orang tsb dalam bidang yang ditekuninya. Tanpa paksaan, melainkan dari hati. Bisa berasal dari hobi/pun kesukaan2nya. Jadi, org yang berorientasi pd passionnya, bekerja sesuai dengan hal yg menjadi dunianya. Contoh: seorang yg hobi dan menyukai seni peran, ia jg dpt menjiwai tiap karakter yg dipelajari, ia terus menerus belajar tentang seni peran dan akhirnya memutuskan untuk bekerja menjadi seorang pemain sinetron.
e) Orientasi waktu
Kota Jakarta macetnya bener2 gak nahan n ga bs ditoleransi, bolak balik perjalanan uda 5 jam per hari. Jarak kantor-rumah jauh. Kendaraan umum ga terjangkau n suka ngaret serta ga nentu. Beberapa org memilih untuk tidak bekerja di kantor karena hemat waktu. Org2 tipe spt ini biasanya bekerja: bisnis valuta asing, bisnis saham online, wirausaha, jualan/ buka usaha frenchaise, bisnis properti di kompleks sekitar, dll. Tp ada juga org yg melakukan cth2 bisnis tsb krn memang dia hobi n ahli dlm bidangnya, diluar atau bs jg dgn alasan orientasi waktu.
f) Orientasi afiliasi
Nah, yang ini lebih kepada tipe org yg suka gaul alias networking. Dia mencari tempat kerja yg beberapa orgnya sudah ia kenal, agar ia bisa mendapatkan koneksi atau jaringan lg untuk berteman dgn org2 baru hanya sekadar minum kopi atau ada motif lain. Bisa juga untuk cari channel kerjaan atau mencari teman untuk berbagi, rekreasi, jodoh, dll.


Okeeeeee. Sekian postingan dari saya. Next time klo ada lg yg baru, saya post lagi. Posting ini simple aja, hanya poin2 saja krn klo dibahas pasti sangat banyak dan detail. Kalo km ingin diskusi, jgn enggan u/ diskusi sm saya ya :D boleh bgttt klo ada yg ingin mengkritisi atau menambahkan. Saya sangat open dan welcoming♥ Ngomong2, kamu termasuk tipe yang mana nih? :)
Thank you for reading. GBU

No comments: