Friday, October 7, 2011

Tugas Utama Seorang Pelajar adalah Belajar

Pada dasarnya, kegiatan belajar adalah suatu kegiatan yang wajib dilaksanakan kepada setiap orang agar tercipta sumber daya yang berkualitas dan berperilaku baik terhadap kemajuan bangsa. Dihadapkan pada tantangan dan kemajuan teknologi yang berkembang pesat didunia, belajar adalah salah satu cara untuk menjembatani dan memfasilitasi setiap orang dalam berkembang mengikuti tuntutan zaman. Berbicara tentang belajar, kita pasti mengalami fase dimana kita menuntut ilmu, mulai dari TK, SD, SMP, SMA dan melanjutkan ke perguruan tinggi. Dalam masa-masa sekarang ini, seorang pelajar dituntut untuk dapat menguasai materi akademis dan mempunyai banyak pengalaman dalam bidang non-akademis. Hal ini sangat menarik karena negara kita ada ditangan para pejuang muda, yaitu para pelajar, dimana seorang pelajar diharapkan untuk dapat melakukan dan menemukan hal-hal baru dengan mengaplikasikan ilmu yang digali, didalam kehidupan sehari-hari.

Semua pelajar harus giat belajar. Terhitung mulai detik ini, kesadaran untuk belajar harus selalu ditingkatkan, ditambah frekuensinya, dan dilakukan secara kontinu. Giat dalam belajar berarti mampu untuk mempertahankan dan mengahadapi godaan yang menghalangi dalam proses belajar. Harus belajar diartikan sebagai suatu kewajiban yang mutlak dan dibutuhkan sebuah komitmen yang kuat untuk mengusahakannya agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Kita adalah pelajar. Kita diarahkan untuk menjadi seorang yang berhasil dalam hal akademis maupun non-akademis, dan membangun negara ini menjadi negara yang sejahtera dengan masyarakat yang berperilaku baik. Sebagai seorang pelajar, kita juga tidak akan pernah lepas dalam berusaha untuk mencapai tujuan kita yang berorientasi kedepan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Tujuan kita itu yang akan menjadi pedoman bagi kita untuk selalu berpikir maju, kritis, dan bertanggung jawab sebagai seorang pelajar.

Berbagai macam tujuan yang telah kita tetapkan akan dapat diraih dengan mudah jika kita mempunyai tekat yang kuat. Oleh karena itu, kita harus giat belajar untuk mencapai semua mimpi dan tujuan kita menjadi nyata. Bukanlah hal yang mustahil untuk menjadi seorang yang giat belajar. Kita hidup untuk belajar dan harus melaksanakan kewajiban kita itu dengan penuh tanggung jawab. Ada pepatah berkata “we are the agent of change”, menurut saya, pepatah ini sangat berlaku bagi semua orang, khususnya para pelajar. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan perubahan yang bermanfaat, harus dimulai dari dalam diri sendiri, yaitu giat belajar dan terus berjuang

Dalam belajar, ilmu yang dipelajari bukan hanya sebatas ilmu pengetahuan alam ataupun sosial saja. Belajar tata karma yang baik, menghadapi tantangan dengan kuat, berdisiplin tinggi dan mencari jalan keluar untuk setiap permasalahan yang ada tentunya dapat mempengaruhi perkembangan diri setiap orang. Kegiatan belajar ini harus didasari oleh rasa tanggung jawab dan tuntutan untuk berhasil sebagai motivasi yang akan terus berlaku dalam proses belajar. Belajar itu sangat terkait dengan tindakan perjuangan, berjuang untuk memperoleh yang terbaik dengan hasil keringat sendiri, dan membiarkan masyarakat merasakan betapa pentingnya menjadi sesorang yang berpendidikan dan berkualitas tinggi.

No comments: